sambava post http://sambavapost.com aktual dan terpercaya Sun, 21 Feb 2021 11:41:37 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.5 http://sambavapost.com/wp-content/uploads/2020/05/cropped-28ACFF56-226B-4CE6-B94A-06EBEC19D623-32x32.jpeg sambava post http://sambavapost.com 32 32 Belum Dirasakan Manfaatnya, Status Geopark Rinjani Terancam Dicabut http://sambavapost.com/2021/02/belum-dirasakan-manfaatnya-status-geopark-rinjani-terancam-dicabut.html http://sambavapost.com/2021/02/belum-dirasakan-manfaatnya-status-geopark-rinjani-terancam-dicabut.html#respond Sun, 21 Feb 2021 11:38:53 +0000 http://sambavapost.com/?p=2185 LOMBOK TIMUR – Gunung Rinjani-Lombok sudah ditetapkan sebagai Global Geopark yang masuk dalam jaringan Geopark UNESCO sejak April 2018, hampir tiga tahun silam. Namun dampak positifnya bagi masyarakat di kawasan…

The post Belum Dirasakan Manfaatnya, Status Geopark Rinjani Terancam Dicabut appeared first on sambava post.

]]>
LOMBOK TIMUR – Gunung Rinjani-Lombok sudah ditetapkan sebagai Global Geopark yang masuk dalam jaringan Geopark UNESCO sejak April 2018, hampir tiga tahun silam. Namun dampak positifnya bagi masyarakat di kawasan penyangga, hingga saat ini belum dirasakan. Bahkan, sebagian besar masyarakat di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur justru masih asing dengan Global Geopark Rinjani-Lombok.

Padahal salah satu misi Global Geopark jaringan UNESCO adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan peran masyarakat dalam pengelolaan Geopark, perluasan kesempatan berusaha serta peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah, serta membangun destinasi pariwisata (GEOSITE) kelas dunia yang menjunjung tinggi norma sosial, budaya dan hukum.

“Sejak ditetapkan (sebagai Global Geopark) oleh UNESCO 2018, sampai saat ini kami belum melihat kegiatan Geopark Rinjani yang riil. Pariwisata Sembalun memang meningkat cukup signifikan 2018-2021 ini, tetapi saya pastikan ini tidak ada korelasinya dengan keberadaan Global Geopark Rinjani. Kita tidak tahu apa kendalanya,” kata Camat Sembalun, Mertawi SPd, Minggu (21/2/2021).

Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Lombok Timur ini merupakan salah seorang yang terlibat dalam proses pengusulan Rinjani sebagai Global Geopark ke UNESCO.

Pada 2015, Mertawi ditunjuk sebagai perwakilan masyarakat adat Sembalun dalam proses assessment Rinjani yang dilakukan tim assessor dari UNESCO.

“Saya saat itu ikut mengawal proses assessment Rinjani, dan terlibat langsung saat kedatangan tim assesor UNESCO tahun 2015. Saat itu ya harapan saya ada yang bagus, Geopark Dunia itu bisa jadi angin segar bagi Sembalun dan Lombok secara umum. Tapi kenyataannya sampai sekarang tidak terlihat dampak positifnya secara riil,” katanya.

Menurutnya, semula pihaknya dan masyarakat Sembalun umumnya berharao keberadaan Global Geopark Rinjani akan membawa perubahan yang signifikan bagi perkembangan destinasi wisata dan perekonomian masyarakat di Sembalun.

“Semula mimpi kami seperti itu. Tapi kenyataannya pariwisata jalan sendiri, Georpark jalan sendiri. Tidak kita lihat kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat. Bahkan kalau kita tanya masyarakat, mereka tidak tahu apa itu Geopark, dan apa fungsinya. Malah selama ini yang sering muncul justru Taman Nasional ,” katanya.

Mertawi mengatakan, Global Geopark Rinjani seharusnya beraktivitas masih dalam hal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Selain itu kegiatan yang sifatnya peningkatan kapasitas, dan juga kegiatan yang memberi dampak pada pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Dengan demikian bisa dilihat perbedaan progres kemajuannya, jika dibandingkan Rinjani sebelum geopark dan setelah menyandang status Glogal Geopark.   

“Saat ini sudah hampir tiga tahun berjalan, tetapi kita lihat nggak ada bedanya Rinjani, Geopark Nasional, dan kini Global Geoprak UNESCO. Rinjani sudah terkenal sejak dulu sebelum Geopark, nah kemudian apa perubahannya setelah jadi Geopark?. Tidak ada bedanya. Padahal kita berharao banyak Geopark ini bisa berdampak dari segi promosi ke dunia internasional, hingga manfaat bagi masyarakat seperti peningkatan SDM, keterampilan, dan pemberdayaan ekonomi, khususnya bagi masyarakat di kawasan penyangga, termasuk di Sembalun ini,” tukas Mertawi.

Mertawi menegaskan, yang dikhawatirkan pihaknya adalah status Global Geopark Rinjani akan dicabut oleh UNESCO, jika tetap stagnan seperti ini. Apalagi penilaian Geopark empat tahun sekali, yang berarti 2022 mendatang Geopark Rinjani akan dievaluasi UNESCO.

“Masa penilaian dan evaluasi Geopark UNESCO kan 4 tahun sekali, saya khawatir dalam penilaian nantinya Rinjani nggak ada peningkatan apa-apa. Statusnya bisa dicabut,” katanya.

Ia tak bisa memastikan stagnannya Global Geopark Rinjani ini disebabkan kebijakan Pemda NTB atau Manajeman Geopark yang tidak bekerja selama ini.

Padahal dengan status Global Geopark dalam jaringan UNESCO, Rinjani dipromosikan dan mengundang banyak orang dari luar untuk datang dan melihat apa saja kelebihan di Rinjani-Lombok.

“Ini kan sudah hampir tiga tahun. Buktinya sekarang nggak ada yang berubah, atensi masyarakat dunia juga begitu-begitu saja. Malah TNGR yang kelihatan tampil. Belum lagi kita bicara Geosite, destinasi Sembalun ini bertumbuh dengan sendirinya tanpa peran Global Geopark Rinjani,” tegasnya.

Mertawi berharap Pemerintah Provinsi NTB dan juga manajemen Global Geopark Rinjani untuk bisa memperjelas orientasi dan melaksanakan aktivitas dan kegiatan Geopark dengan lebih maksimal.

Dari situs Bappeda NTB disebutkan, tujuan Geopark adalah untuk mewujudkan pelestarian warisan geologi (geoheritage), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity) dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity) untuk kesejahteraan masyarakat.

Visi Geopark adalah terwujudnya Geopark Rinjani Lombok yang Berkelanjutan dan Berdaya Saing Internasional. 

Sementara misinya antara lain, melestarikan keragaman sumber daya geologi, kekhasan dan keunikan budaya, serta kekayaan sumber daya alam hayati secara berkelanjutan. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan peran masyarakat dalam pengelolaan Geopark, perluasan kesempatan berusaha serta peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah.
Membangun destinasi pariwisata (Geosite) kelas dunia yang menjunjung tinggi norma sosial, budaya dan hukum. Membangun masyarakat melalui peningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap geopark, serta peningkatan kesadaran terhadap konservasi alam dan budaya.
Membangun tata kelola yang professional, terpadu dan berkelanjutan untuk menjamin terwujudnya keterpaduan pembangunan Geopark yang berkelanjutan.

“Tapi semua itu tidak kita lihat ada hasilnya yang riil. Jangan sampai Geopark ini hanya label-label saja, sekadar untuk gengsi semata,” tegas Mertawi.

The post Belum Dirasakan Manfaatnya, Status Geopark Rinjani Terancam Dicabut appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/belum-dirasakan-manfaatnya-status-geopark-rinjani-terancam-dicabut.html/feed 0
4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi, Bang Zul Langsung datangi Lapas Praya http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi-bang-zul-langsung-datangi-lapas-praya.html http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi-bang-zul-langsung-datangi-lapas-praya.html#respond Sat, 20 Feb 2021 13:25:54 +0000 http://sambavapost.com/?p=2179 getnews.id – Sempat Viral di media sosial, 4 IRT dan 2 Balita asal Desa Wajegeseng Kecamatan Kopang ditahan lantaran dituduh melakukan pengerusakan dengan melemparkan batu ke gedung milik pengusaha tembakau.…

The post 4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi, Bang Zul Langsung datangi Lapas Praya appeared first on sambava post.

]]>

getnews.id – Sempat Viral di media sosial, 4 IRT dan 2 Balita asal Desa Wajegeseng Kecamatan Kopang ditahan lantaran dituduh melakukan pengerusakan dengan melemparkan batu ke gedung milik pengusaha tembakau.

Adapun nama-nama Ibu Rumah Tangga yang ditahan itu yakni, Nurul Hidayah (38), Martini (22), Fatimah (38) dan Hultiah (40). Mereka merupakan warga Dusun Eat Nyiur Desa Wajageseng Kecamatan Kopang Loteng dan mereka ini diancam pasal 170 KUHP ayat 1, ancaman pidana 5 sampai 7 tahun kurungan penjara.

Dengan hal tersebut, Gubernur NTB Zulkieflimansyah kunjungi 4 IRT dan 2 Balita tertahan jeruji besi di Lapas Praya Lombok Tengah untuk melihat kondisinya

Bang Zul menjelaskan di media sosial FB bahwa sampai saat ini kondisi 4 IRT dan 2 bayi tetap dalam keadaan sehat.

” Mereka sehat semua dan tidak Kekurangan satupun, sebab petugas dilapas sangat membantu,” Terangnnya

Orang no 1 di NTB ini menegaskan juga untuk kasus tersebut akan di tangguhkan penahanannya pada hari Senin.

” Tadinya mau di tangguhkan hari ini tapi pengadilan belum bisa memutuskan disebabkan hari libur,” Tandas Bang Zul di status Facebooknya yang dapat like 900, 75 dibagikan, dan 142 komentar dari netizen

The post 4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi, Bang Zul Langsung datangi Lapas Praya appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi-bang-zul-langsung-datangi-lapas-praya.html/feed 0
Kasus IRT dan Balita Ditahan, Puluhan Advokat Berikan Bantuan Hukum http://sambavapost.com/2021/02/kasus-irt-dan-balita-ditahan-puluhan-advokat-berikan-bantuan-hukum.html http://sambavapost.com/2021/02/kasus-irt-dan-balita-ditahan-puluhan-advokat-berikan-bantuan-hukum.html#respond Sat, 20 Feb 2021 12:24:53 +0000 http://sambavapost.com/?p=2176 Mataram – Empat ibu rumah tangga (IRT) ditahan Kejari Praya lantaran melempar gudang rokok di UD MAWAR, Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah. Ironisnya, dua dari empat IRT membawa balita…

The post Kasus IRT dan Balita Ditahan, Puluhan Advokat Berikan Bantuan Hukum appeared first on sambava post.

]]>

Mataram – Empat ibu rumah tangga (IRT) ditahan Kejari Praya lantaran melempar gudang rokok di UD MAWAR, Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah.

Ironisnya, dua dari empat IRT membawa balita dan menyusui di balik jeruji penjara.

Mereka ditangkap dan ditahan atas tuduhan pengerusakan. Padahal mereka melakukan protes karena pemilik pabrik tidak pernah mendengar aspirasi mereka. Banyak anak-anak yang sakit akibat polusi dari pabrik. Bahkan, warga sekitar sama sekali tidak dipekerjakan di pabrik.

Diketahui, masing-masing IRT asal Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah adalah Nurul Hidayah (38), Martini (22), Fatimah (38) dan Hultiah (40). Mereka merupakan warga Dusun Eat Nyiur yang diancam pasal 170 KUHP ayat (1) dengan ancaman pidana lima sampai tujuh tahun kurungan penjara atas tuduhan pengerusakan.

Menyikapi kasus tersebut para advokat yang tegabung pada Tim Hukum “Nyalakan Keadilan untuk IRT” tergerak untuk memberikan pendampingan hukum kepada empat IRT yang tengah tersandung masalah hukum tersebut.

Tidak tanggung-tanggung ada sekitar 50 advokat yang ikut bergabung dalam Tim Keadilan untuk IRT tersebut. Itu belum termasuk praktisi, pegiat perempuan, NGO, akademisi dan elemen lainnya.

“Banyak, ada sekitar 50 orang advokat yang sudah menyatakan kesiapan untuk ikut dalam gerakan ini,” ungkap Koordinator Tim Keadilan untuk IRT, Ali Usman Ahim, Sabtu, 20 Februari 2021.

Sebagai langkah awal, pihaknya sudah mulai turun melakukan investigasi, mengumpulkan keterangan yang dibutuhkan dari para pihak terkait untuk mengetahui kronologis kejadian serta duduk persoalan sesungguhnya yang terjadi.

Selain menjenguk empat IRT di Rutan Praya, pihaknya juga sudah menemui pihak keluarga serta melakukan olah TKP di lokasi kejadian kasus dugaan pengerusakan yang menjadi dasar kasus hukum tersebut.

Nantinya juga ada rencana mengajukan permohonan pra peradilan terkait kasus tersebut. Persetujuan kuasa hukum dari pihak keluarga para IRT terkait rencana itu, saat ini tengah diurus.

“Karena ini berkaitan dengan kasus hukum, tentu langkah-langkah yang akan ditempuh sesuai dengan ketentuan hukum yang ada,” tandasnya.

Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB yang juga mantan Direktur Eksekutif WALHI NTB ini mengatakan, pihaknya tergerak untuk ikut membantu para IRT bukan karena apa-apa. Tapi lebih sebagai bentuk gerakan moral dan kemanusiaan.

Menurutnya kasus yang membelit para IRT tersebut aneh sampai harus diproses hukum. Karena ada langkah-langkah restoratif justice yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Tanpa harus melalui proses hukum. Apalagi penyebabnya hanya persoalan sepele. 

Anggota tim hukum lain, Apriadi Abdi Negara yang juga Ketua LBH Pencari Keadilan menegaskan bahwa hukum dibuat untuk menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakat. Bukan malah untuk melanggengkan penindasan.

“Kalau penegakan hukum model seperti ini, jelaslah tidak berkesesuaian dengan tujuan penciptaan hukum itu sendiri,” katanya.

“Ini ada ibu yang anaknya sedang sekarat harus ditahan. Ada juga yang terpaksa harus membawa serta anaknya yang masih balita ikut ke penjara, di mana rasa keadilan dan kemanusiaan itu?” ujar Abdi dengan nada prihatin.

Hal itulah yang kemudian menggerakkan hati berbagai elemen masyarakat di daerah ini untuk membantu upaya penyelesaian terhadap kasus yang menimpa empat IRT beserta keluarganya tersebut.

Anggota tim hukum lainnya, Ikhsan Ramdhani yang juga Ketua FORMAPI NTB menambahkan, berdasarkan hasil investigasi tim, empat IRT tersebut ditahan lantaran dituduh melakukan pengerusakan dengan melemparkan batu ke gudang pabrik tembakau, UD Mawar Putra.

Dua di antara IRT itu memiliki anak balita yang usianya sekitar 1 tahun dan 1,5 tahun ikut bersama ibunya berada di sel karena harus diberikan ASI.

“Setelah kami olah TKP sama sekali tidak kami temukan ada kerusakan, pelapor terlalu mengada-ada dan membual mengenai kerusakan yang timbul akibat perbuatan empat IRT tersebut,” cetusnya.

“Saya tidak habis pikir apa yang menjadi dasar pertimbangan obyektif pihak jaksa sehingga menahan mereka, dan kenapa penyidik seperti memaksakan perkara diproses,” keluhnya.

The post Kasus IRT dan Balita Ditahan, Puluhan Advokat Berikan Bantuan Hukum appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/kasus-irt-dan-balita-ditahan-puluhan-advokat-berikan-bantuan-hukum.html/feed 0
Gong Praje Sasak Minta APH Bebaskan 4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi http://sambavapost.com/2021/02/gong-praje-sasak-minta-aph-bebaskan-4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi.html http://sambavapost.com/2021/02/gong-praje-sasak-minta-aph-bebaskan-4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi.html#respond Sat, 20 Feb 2021 12:16:07 +0000 http://sambavapost.com/?p=2173 Lombok Tengah – Banyak kasus yang terjadi di Indonesia, mulai dari yang bersifat sepele sampai dengan yang bertaraf tinggi. Khususnya untuk yang bersifat sepele, para pelakunya adalah ‘wong cilik alias Amaq…

The post Gong Praje Sasak Minta APH Bebaskan 4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi appeared first on sambava post.

]]>


Lombok Tengah – Banyak kasus yang terjadi di Indonesia, mulai dari yang bersifat sepele sampai dengan yang bertaraf tinggi. Khususnya untuk yang bersifat sepele, para pelakunya adalah ‘wong cilik alias Amaq Kangkung yang buta tentang hukum dan bulan-bulanan di pengadilan karena ketidaktahuannya dan juga faktor lain.

Kasus penahanan Empat Ibu Rumah Tangga (IRT) dan Dua Balita oleh Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, diduga merusak atap gedung perusahaan Tembakau di Desa Wajegeseng Kecamatan Kopang membuat mata masyarakat terbelalak hingga menggugah rasa kemanusiaan berbagai kalangan.

Salah satunya Ormas Gong Praje Sasak, yang turut angkat bicara terkait kasus tersebut. 

“Sesuai informasi yang kami himpun. Bahwa kejadian pelemparan gudang tersebut karena asap polusi dari pabrik sangat menggangu warga sekitar sejak dulu. Namun sampai sekarang permasalahan antara warga dan pemilik pabrik belum mencapai titik temu sehingga terjadi yang sepele seperti ini,” ujar Lalu Ibnu Ketua Umum Ormas Gong Praje Sasak dalam keterangan resminya, Sabtu (20/02/2021).

Ia menilai, permasalahan ini mencuat kemungkinan ada hubungannya dengan izin amdal pabrik tersebut yang belum tuntas.

“Keberadaan dan izin amdal pabrik tersebut perlu di teliti, jangan-jangan izinnya tidak ada alias ilegal”. 

“Kalau itu benar terjadi, lebih baik Pemerintah Daerah segera menutup pabrik tersebut karena akan menimbulkan permasalahan yang lebih besar di kemudian hari,” papar Ibnu.

Untuk itu, lanjut Ibnu. Pihaknya meminta kepada para aparat untuk segera membebaskan tersangka, mengingat mereka juga membawa balita yang tak tahu apa-apa dan harus ikut menikmati dinginnya jeruji besi.

“Atas dasar kemanusian, kami Ormas Gong Praje Sasak meminta kepada APH untuk membebaskan 4 IRT dan 2 Balita yang di tahan. Karena kasus ini termasuk ringan dan bisa di selesaikan secara kekeluargaan antara warga/IRT dan pemilik pabrik tersebut,” tegas Ibnu menandaskan.

Untuk diketahui, Empat ibu rumah tangga yang ditahan tersebut dengan inisial HT (40), NR (38), MR (22), dan FT (38) warga Desa Wajegeseng, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah.

Diantara mereka, ada dua balita yang merupakan anak dari dua tersangka, ikut di sel tahanan mendampingi ibundanya meresapi getirnya kehidupan, mendekam dibalik jeruji. Keempat ibu itu ditahan karena diduga melakukan perusakan atap gedung pabrik tembakau yang ada di desanya pada Desember 2020.

Ternyata hukum yang diterapkan hanya mengikuti aturan formal namun tidak memperhitungkan substansi dan hati nurani.

Tak heran, masyarakat banyak menyebut “hukum ini hanya tajam ke arah bawah namun tumpul ke atas”.

Tentunya dalam hal ini, Pemerintah Daerah seharusnya peka terhadap ketidakadilan yang terus dialami rakyat dalam hal hukum semacam ini.

The post Gong Praje Sasak Minta APH Bebaskan 4 IRT dan 2 Balita Tertahan Jeruji Besi appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/gong-praje-sasak-minta-aph-bebaskan-4-irt-dan-2-balita-tertahan-jeruji-besi.html/feed 0
4 IRT dan 2 Balita di Penjara dituduh Rusak Gudang Tembakau http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-di-penjara-dituduh-rusak-gudang-tembakau.html http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-di-penjara-dituduh-rusak-gudang-tembakau.html#respond Sat, 20 Feb 2021 12:05:50 +0000 http://sambavapost.com/?p=2170 Lombok Tengah – Empat orang Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Desa Wajegeseng Kecamatan Kopang ditahan lantaran dituduh melakukan pengerusakan dengan melemparkan batu ke gedung milik pengusaha tembakau. Dua diantara IRT…

The post 4 IRT dan 2 Balita di Penjara dituduh Rusak Gudang Tembakau appeared first on sambava post.

]]>

Lombok Tengah – Empat orang Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Desa Wajegeseng Kecamatan Kopang ditahan lantaran dituduh melakukan pengerusakan dengan melemparkan batu ke gedung milik pengusaha tembakau.

Dua diantara IRT itu  memiliki anak balita yang usianya sekitar satu tahun ikut ditahan bersama ibunya.

Terkait hal itu, Kasi Intel Kejari Loteng Catur Hidayat Putra, menjelaskan, keterangan dari Polres Loteng bahwa kedua belah pihak sudah dimediasi. Tetapi, tidak menemukan kata sepakat atau tidak mau berdamai.

Disatu sisi, Vidya, Jaksa Fungsional Kejari Loteng menyampaikan, telah menyarankan agar keempat IRT itu tidak ditahan dan  menyarankan untuk dibuatkan penangguhan penahanan dengan jaminan Kepala Desa atau BPD setempat atau salah satu suami dari terdakwa. Akan tetapi, sampai batas jam kerja belum ada satu pun yang datang sebagai jaminan.

“Karena tidak ada yang mengajukan penangguhan, iya kami melakukan penahanan,” ujar Vidya

Terpisah Kasat Reskrim AKP I Putu Agus Indra Permana menjelaskan, kedua belah pihak sudah diberikan ruang mediasi tetapi tidak ada titik temu.

“Mohon maaf karena persoalan ini sudah di tangani Kejari Loteng, jadi saya tidak berani berkomentar terlalu jauh, intinya mereka sudah diberikan ruang mediasi,” tutupnya. 

Komisi IV DPRD Loteng mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk menjenguk sekaligus mempertanyakan kejelasan proses penahanan

Ketua Komisi IV DPRD Loteng, H Supli SH mengaku, kedatangannya itu atas dasar kemanusiaan karena ada laporan masuk ke Komisi bahwa ada Empat orang IRT diproses hukum dan ditahan Kejaksaan.

“Kami terkejut dan miris mendengarkan laporan itu, akhirnya kami memutuskan turun mencari tahu permasalahan sebenarnya, mulai dari Polsek Kopang,” ungkapnya, Kamis 18 Februari 2021.

Supli mengungkapkan, setelah di Polsek, informasi diterimanya bahwa Empat IRT bersama dua Balitanya sudah dipindah ke Kejaksaan dan mempertanyakan alasan sampai dilakukan penahanan itu. 

“Miris rasanya, Ibu Rumah Tangga dan ada dua Balita ditahan,” kata dia.

Dikatakan Supli, mestinya IRT itu tidak mesti ditahan, kalau mengacu arahan Kapolri yang terbaru bahwa, Polsek itu menjadi tempat mediasi kedua belah pihak agar persoalan tidak sampai keranah hukum. Malah dirinya melihat berbanding terbalik cara penanganan kasus di Lombok Tengah.

“Harusnya kedua belah pihak di mediasi tingkat Polsek sesuai arahan Kapolri, bukan lantas langsung memeroses kasus itu,” keluhnya.

Kerena sudah masuk Kejaksaan, Komisi IV DPRD Loteng akan mengawal kasus ini bahkan turun mencari informasi tentang duduk persoalan awal. “Mulai besok pagi kami akan kawal kasus ini dan akan turun TKP mencari duduk persoalannya,” tegas Politisi PKS ini.

Dikatakan Supil, Komisi yang membidangi Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Perempuan akan konsen pada tiga persoalan itu karena menurut informasi yang diterimanya bahwa pabrik itu menimbulkan volusi yang tentu berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Selain itu perusahan gudang rokok tersebut disinyalir mendatangkan pekerja yang bukan dari masyarakat setempat. Artinya persoalan ini berkaitan dengan ketenagakerjaan.

“Sesuai tupoksi kami, akan mulai menggali informasi dari tiga pokok itu,” terang Supli.

Adapun nama-nama Ibu Rumah Tangga yang ditahan itu yakni, Nurul Hidayah (38), Martini (22), Fatimah (38) dan Hultiah (40). Mereka merupakan warga Dusun Eat Nyiur Desa Wajageseng Kecamatan Kopang Loteng dan mereka ini diancam pasal 170 KUHP ayat 1, ancaman pidana 5 sampai 7 tahun kurungan penjara.

The post 4 IRT dan 2 Balita di Penjara dituduh Rusak Gudang Tembakau appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/4-irt-dan-2-balita-di-penjara-dituduh-rusak-gudang-tembakau.html/feed 0
Dandim 1606/Lobar Hadiri Giat Serah Terima Mushola AL-Akbar Oleh Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1606-lobar-hadiri-giat-serah-terima-mushola-al-akbar-oleh-direktur-spbe-pt-dinamika-utama-karya.html http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1606-lobar-hadiri-giat-serah-terima-mushola-al-akbar-oleh-direktur-spbe-pt-dinamika-utama-karya.html#respond Thu, 11 Feb 2021 14:24:55 +0000 http://sambavapost.com/?p=2166 Lombok Utara – Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya beserta Dandim 1606/Lobar dan Kapolres Lotara kepada Masyarakat Dusun Lengkukun Desa Kayangan Kecamatan. Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), melaksanakan Kegiatan Penandatanganan…

The post Dandim 1606/Lobar Hadiri Giat Serah Terima Mushola AL-Akbar Oleh Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya appeared first on sambava post.

]]>
Lombok Utara – Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya beserta Dandim 1606/Lobar dan Kapolres Lotara kepada Masyarakat Dusun Lengkukun Desa Kayangan Kecamatan. Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), melaksanakan Kegiatan Penandatanganan dan Serah Terima Tanah beserta Bangunan Mushola Al-Akbar, Kamis, (11/02/2021)

Kegiatan tersebut diawali dengan Sambutan Bupati atau pejabat yg mewakili, dalam sambutan tersebut ia menjelaskan jika dirinya sebagai perwakilan pemerintah berterimakasih kepada direktur SPBE yang telah mengibahkan mushola dan tanah ke masyarakat

“Kami mewakili pemerintah daerah mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada direktur SPBE yang telah mengibahkan mushola dan tanah ke masyarakat kita, “Ujarnya

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar bangunan yang terbentuk tersebut di pergunakan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin,

“saya mewakili masyarakat berterima kasih kepada bapak direktur SPBE, Bapak Dandim 1606/Lobar dan Bapak Kapolres Lombok Utara yang telah bahu membahu untuk membangun Mushola ini, ” Ucapnya dengan nada senang mendalam

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Sambutan dari Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya, Akbar Afriansyah
Ia mengungkapkan bahwa pembangunan mushola tersebut dilihat atas dasar kebutuhan masyarakat, walupun sempat mengalami kesulitan air.

“Namun alhamdulilah masyarakat sudah mendapatkan air bersih yang memadai dan saya meminta kepada warga untuk mencarikan tanah untuk dibangunkan Mushola ini dan alhamdulilah sekarang sudah kita lihat Mushola nya sudah jadi seperti sekarang ini, ” Tuturnya

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, S.Sos. M.T., yang hadir untuk memotong Pita Peresmian Mushola Al-Akbar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak partisipasinya yang terlibat dalam terbentuknya Mushola tersebut.

“alhamdulilah niat baik kita terwujud, Saya himbau juga kepada kita semua terkait dengan protokol Covid-19, mari kita sama-sama jaga dan patuhi protokol covid 19 agar terhindar dari Covid 19, terkait dengan adanya bangunan Mushola menjadi berkah bagi kita semua dan bisa di manfaatkan kepada masyarakat kita Dusun Lengkukun Desa Kayangan, “tutupnya mengakhiri penyampaiannya

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan bingkisan dan Penyerahan kunci rumah Layak Huni dari Bapak Dandim 1606/Lobar kepada pengurus Mushola Al-Akbar.

The post Dandim 1606/Lobar Hadiri Giat Serah Terima Mushola AL-Akbar Oleh Direktur SPBE PT. Dinamika Utama Karya appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1606-lobar-hadiri-giat-serah-terima-mushola-al-akbar-oleh-direktur-spbe-pt-dinamika-utama-karya.html/feed 0
Dandim 1628/SB Gratis Daftar Rekrutmen TNI, Baca Syaratnya di Sambavapost.com http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1628-sb-gratis-daftar-rekrutmen-tni-baca-syaratnya-di-sambavapost-com.html http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1628-sb-gratis-daftar-rekrutmen-tni-baca-syaratnya-di-sambavapost-com.html#respond Wed, 10 Feb 2021 05:37:10 +0000 http://sambavapost.com/?p=2162 Sumbawa Barat – Negara dan Bangsa menunggu Darma Baktimu, oleh karena itu dibutuhkan generasi penerus bangsa yang berjiwa sebagai prajurit TNI. Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi ,ST,…

The post Dandim 1628/SB Gratis Daftar Rekrutmen TNI, Baca Syaratnya di Sambavapost.com appeared first on sambava post.

]]>
Sumbawa Barat – Negara dan Bangsa menunggu Darma Baktimu, oleh karena itu dibutuhkan generasi penerus bangsa yang berjiwa sebagai prajurit TNI.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi ,ST, M IP., dalam Keterangan tertulis di Sumbawa Barat Rabu (10/2/2021) seperti dikutip dihalaman situs resmi rekrutmentniad.mil. Bagi masyarakat Indonesia secara umumnya yang bercita-cita sebagai TNI, kini peluang besar di depan mata untuk segera pendaftaran diri di lokasi penerimaan di KODAM/REM Terdekat, tanpa dipungut biaya selama proses penerimaan Rekrutmen sebagai TNI, jadi syaratnya sebagai berikut :

Rekrutmen Pendaftaran TAMTAMA PK TNI AD Gel. I TA 2021

Terdapat Ketersediaan pembagian Jadwal Seleksi diantarnya Zona Barat : KODAM I/BB, II/SWJ, III/SLW, IV/DIP, V/BRW, VI/MLW, XII/TPR, JAYA DAN IM

Juga jadwal seleksi memiliki Zona diantara Zona Timur : KODAM IX/UDY, XIII/MDK, XIV/HSN, XVI/PTM, XVII/CEN DAN XVIII/KSR, Daftar online mulai 1 Januari 2021

TA PK GEL I TNI AD TA 2021

Zona Barat : Daftar ulang dan Validasi mulai tanggal 25 Februari sampai dengan tanggal 5 Maret 2021, untuk pengecekan awal tanggal 8 sampai sengan 17 Maret 2021.

Untuk Parade dan pengumuman mulai dari tanggal 18 sampai dengan 19 Maret 2021, untuk RIK/UJI, KES, JAS, PSI, MI sampai tanggal 24 hingga 30 Maret 2021 serta pengumuman tanggal 3 April 2021.

Untuk Zona Timur : Daftar ulang dan Validasi tanggal 8 sampai dengan 19 Maret 2021, pengecekan awal tanggal 22 sampai dengan 31 Maret 2021, parade dan pengumuman 1 sampai dengan 2 April 2021, RIK/UJI MIN, KES, JAS, PSI, MI dari 8 sampai dengan tanggal 14 april 2021, pengumuman jatuh pada tanggal 18 April 2021.

Selanjutnya untuk pembukaan pendidikan Gel 1 pada tanggal 21 April 2021 TA PK GEL II TNI AD TA 2021

Zona Barat : Daftar ulang dan Validasi mulai tanggal 27 Septermber sampai 8 Oktober 2021, Pengecekan awal tanggal 11 sampai dengan 24 Oktober 2021, parade pengumuman tanggal 25 sampai 26 Oktober 2021, RIK/UJI MIN, KES, JAS, PSI, MI tanggal 31 Oktober sampai dengan 6 November 2021, dan pengumuman tanggal 10 November 2021.

Zona Timur : Daftar ulang dan Validasi tanggal 11 Sampai dengan 22 Oktober 2021, pengecekan awal tanggal 25 Oktober sampai dengan 3 November 2021, parade dan pengumuman mulai tanggal 4 sampai 5 November 2021, RIK/UJI MIN, KES, JAS, PSI, MI tanggal 14 Sampai dengan 20 November 2021, dan pengumuman tanggal 24 November 2021.

Sementara itu pembukan pendidikan Gel II tanggal 27 November 2021 sebagai berikut :

KODAM IX/UDY

  • AJENDAM IX/UDY BALI, JL PB SUDIRMAN Denpasar, dengan no telepon 0361-228029
  • AJENREM 161/WIRASAKTI Kupang, JL Cendana NO 7 Kupang, kontak 0380-821072
  • AJENREM 162/WB Mataram, JL Malomba Ampenan Kota Mataram, kontak 0370-621273

Untuk dapat mengikuti rekrutmen tersebut memiliki tahap penilaian pemeriksan oleh panitia penerima meliputi, Lengkapi Administrasi, Kesehatan jasmani, Mental Ideologi Psikologi, Pria, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI,
Khusus sumber umum,

Ada juga serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/sederajat atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi, Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm, memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku, Belum pernah menikah, sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama, Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD, Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan, Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif.

Lebih pentingnnya adapun tata cara pendaftaran sebagai berikut :

Calon mendaftar Online Tamtama PK TNI AD melalui website penerimaan prajurit TNI yaitu di alamat http://rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Bagi calon yang belum memahami cara mendaftar melalui Online dapat langsung datang ke tempat pendaftaran untuk mendapatkan penjelasan dari petugas pendaftaran bagaimana cara mendaftar dengan membawa persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Cetak Printout formulir pendaftaran
Datang ke Ajendam/Rem terdekat untuk melaksanakan daftar ulang (di luar tanggal yang telah ditentukan adalah tidak sah).

Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti kegiatan seleksi
Ikuti tahapan seleksi yang telah diatur oleh Panda masing-masing
Selama proses kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya apapun.

Dandim juga menambahkan
Selama proses penerimaan berlangsung, calon tidak dipungut biaya apapun, namun jika ada mengatas namakan panitia untuk membayar sejumlah uang untuk di transfer itu sudah pasti penipuan dan segera laporkan ke panitia terdekat, untuk lebih jelas bagi masyarakat Sumbawa barat silakan datang ke Kodim 1628/SB untuk mendapatkan penjelasan langsung sehingga dapat dibantu diarahkan seperti info penguman yang ada disitus resmi rekrumentniad.id, jelas Dandim.

The post Dandim 1628/SB Gratis Daftar Rekrutmen TNI, Baca Syaratnya di Sambavapost.com appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/dandim-1628-sb-gratis-daftar-rekrutmen-tni-baca-syaratnya-di-sambavapost-com.html/feed 0
Salah Satu Solusi Komunikasi Langsung Antara Komandan dengan Prajurit http://sambavapost.com/2021/02/salah-satu-solusi-komunikasi-langsung-antara-komandan-dengan-prajurit.html http://sambavapost.com/2021/02/salah-satu-solusi-komunikasi-langsung-antara-komandan-dengan-prajurit.html#respond Tue, 09 Feb 2021 07:53:05 +0000 http://sambavapost.com/?p=2157 Mataram – Komandan Kodim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan, S.Sos., M.T. memberikan Jam Komandan kepada personel Militer maupun PNS Kodim 1606/Lobar di Makodim 1606/Lobar Jl. Pejanggik No. 7 Kota Mataram, Selasa,…

The post Salah Satu Solusi Komunikasi Langsung Antara Komandan dengan Prajurit appeared first on sambava post.

]]>
Mataram – Komandan Kodim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan, S.Sos., M.T. memberikan Jam Komandan kepada personel Militer maupun PNS Kodim 1606/Lobar di Makodim 1606/Lobar Jl. Pejanggik No. 7 Kota Mataram, Selasa, (09/02/21).

Jam Komandan dilakukan secara rutin setiap bulan sekali sebagai sarana evaluasi tugas yang sudah dilakukan dan penyampaian rencana tugas kedepan dalam rangka menunjang Tugas Binter di wilayah guna mendukung Tugas Pokok Kodim 1606/Lobar.

Salah satu solusi untuk berkomunikasi secara langsung kepada seluruh anggota untuk mengetahui permasalahan permasalahan atau kendala di lapangan dan melihat sejauh mana keberhasilan tugas-tugas Binter maupun kondisi langsung para prajuritnya.

Pada kesempatan itu Dandim 1606/Lobar menyampaikan kepada seluruh anggota untuk mendata dan melaksanakan sosialisasi vaksin di wilayah, khususnya Babinsa yang langsung terjun ke masyarakat guna mempermudah pelaksanaan Vaksin tahap kedua,” jelasnya.

Dengan bertambahnya jumlah orang yang terpapar Positif Corona di wilayah binaan kita, diharapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari hendaknya seorang prajurit harus tetap jaga kesehatan dan meningkatkan Imun Tubuh dengan Prokes 3M & 3T agar terhindar dari Virus Corona.” Tandasnya.

The post Salah Satu Solusi Komunikasi Langsung Antara Komandan dengan Prajurit appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/salah-satu-solusi-komunikasi-langsung-antara-komandan-dengan-prajurit.html/feed 0
Gelar Rakor 2021, OIAA NTB Dorong NW Bersatu http://sambavapost.com/2021/02/gelar-rakor-2021-oiaa-ntb-dorong-nw-bersatu.html http://sambavapost.com/2021/02/gelar-rakor-2021-oiaa-ntb-dorong-nw-bersatu.html#respond Sat, 06 Feb 2021 11:28:48 +0000 http://sambavapost.com/?p=2153 Mataram – Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Nusa Tenggara Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor 2021), Sabtu (6/2). Rapat yang digelar di Lesehan Taliwang Irama 3 Mataram ini bertujuan evaluasi dan…

The post Gelar Rakor 2021, OIAA NTB Dorong NW Bersatu appeared first on sambava post.

]]>
Mataram – Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Nusa Tenggara Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor 2021), Sabtu (6/2). Rapat yang digelar di Lesehan Taliwang Irama 3 Mataram ini bertujuan evaluasi dan optimalisasi program OIAA NTB ke depan.

Ada beberapa point yang dihasilkan dalam rakor tersebut. Mulai dari menyikapi polemik organisasi NW Pancor dan NW Anjani yang saat ini menjadi trending topik di Nusa Tenggara Barat, pembentukan tim rekrutmen dan pembinaan calon mahasiswa baru Al-Azhar Mesir asal NTB, rencana pembangunan Al-Azhar Center NTB, serta program dakwah digital OIAA NTB.

Khusus untuk polemik Nahdlatul Wathan, OIAA Nusa Tenggara Barat mengajak kepada semua kalangan baik ulama maupun umaro serta seluruh masyarakat, untuk ikut berkontribusi guna terjadinya percepatan islah dan bersatunya kembali Nahdlatul Wathan setidaknya kontribusi itu berupa doa.

“Segala persoalan ummat adalah menjadi tanggung jawab kita bersama, karena NW adalah organisasi keummatan maka sebagai bagian daripada elemen ummat. Kami OIAA NTB ingin ikut berkontribusi sekecil apapun untuk islah dan bersatunya NW Pancor dan NW Anjani. Karena penyatuan dan islah ini adalah persolan yang teramat urgent, maka kamipun mengajak kepada para ulama dan tokoh umaro untuk turut berkontribusi serta kepada seluruh masyarakat untuk turut mendoakan agar kedua belah pihak secepatnya menemukan solusi yang tepat,” tegas Ketua OIAA NTB, TGH Fauzan Zakaria Lc MSi.

Dilanjutkan Fauzan, pembangunan ummat khususnya masyarakat Nahdlatul Wathan mutlak butuh persatuan, kekompakan dan saling rangkul. Terutama sekali dalam menghadapai kompetisi di era global.

“Banyaknya tantangan yang dihadapi ummat ini di era global mmbutuhkan persatuan, kekompakan dan saling rangkul. Kami yakin pasti ada solusi dan jalan kluar terbaik. Mari terus ikhtiar dan doakan,” ajaknya.

Kemudian untuk rencana pembangunan Al-Azhar Center NTB dia berharap agar segera terwujud dan prosesnya berjalan lancar.

“Pembangunan Al-Azhar Center NTB adalah hasil Raker kami tahun lalu, saat ini sedang diikhtiarkan dan dikoordinasikan dengan berbagai pihak,” ujar pria lulusan Pondok Pesantren Islahuddiny Kediri tersebut.

Adapun rencana lokasi pembangunan Al-Azhar Center tersebut di Jln. Bypass Lombok Barat.

“Sebentar lagi penyiapan lahannya akan clear. Kita harap pembangunannya bisa dimulai akhir tahun ini sehingga tahun depan sudah bisa di gunakan untuk berkegiatan,” harap Pimpinan Pondok Pesantren Al-Madani Lombok Timur itu.

The post Gelar Rakor 2021, OIAA NTB Dorong NW Bersatu appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/gelar-rakor-2021-oiaa-ntb-dorong-nw-bersatu.html/feed 0
Perintah Maulana Syekh, Kibarkan Bendera NW Ke Seluruh Nusantara http://sambavapost.com/2021/02/perintah-maulana-syekh-kibarkan-bendera-nw-ke-seluruh-nusantara.html http://sambavapost.com/2021/02/perintah-maulana-syekh-kibarkan-bendera-nw-ke-seluruh-nusantara.html#respond Sat, 06 Feb 2021 02:49:32 +0000 http://sambavapost.com/?p=2148 Lombok Barat – Menyikapi polemik badan hukum Nahdlatul Wathan (NW) yang mencuat belakangan ini mendadapat tanggapan beragam dari kader NW. Terutama tindakan reaksioner beberapa oknum yang melaporkan kader Nahdlatul Wathan…

The post Perintah Maulana Syekh, Kibarkan Bendera NW Ke Seluruh Nusantara appeared first on sambava post.

]]>
Lombok Barat – Menyikapi polemik badan hukum Nahdlatul Wathan (NW) yang mencuat belakangan ini mendadapat tanggapan beragam dari kader NW. Terutama tindakan reaksioner beberapa oknum yang melaporkan kader Nahdlatul Wathan yang menggunakan logo, nama, dan lambang organisasi NW.

Salah satu perwakilan kader militan NW Lombok Barat, Ramil mengatakan hal tersebut tidak sesuai dengan tujuan NW yang justru para kader diperintahkan oleh Maulana Syekh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid untuk mengibarkan bendera NW ke seluruh pelosok Nusantara.

“Kami menilai tindakan itu sebagai tindakan “privatisasi” yang sangat membahayakan organisasi Nahdlatul Wathan. Secara moralitas kami terpangil untuk menjaga marwah organisasi NW untuk mencegah terjadinya diskriminasi kader NW,” tegas Ramli, Sabtu (06/02/2021).

Ia menegaskan, sebagai kader NW yang telah mendapat bai’at dan berjanji kepada TGKH M. Zainuddin Abdul Madjid untuk terus memperjuangkan NW memiliki tanggung jawab besar. Oleh sebab itu, tidak boleh ada yang melarang kader untuk menyebarluaskan panji-panji NW di seluruh pelosok negeri bahkan penjuru dunia.

“Kami selaku kader menolak NW dijadikan sebagai milik pribadi sekelompok orang. Kami kader NW akan terus bergerak menjaga organisasi NW yang didirikan oleh guru kami Maulana Syeikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid dari pembelokan-pembelokan tujuan organisasi. Gerakan penyelamatan organisasi wajib kami jalankan apapun resikonya,” tegasnya.

Oleh karena itu, selaku kader dengan tegas menolak adanya pelarangan-pelarangan apalagi ancaman kriminalisasi terhadap acara peneguhan semangat juang kader NW. Bahwa peneguhan semangat juang kader dalam bentuk kegiatan apapun sepanjang itu positif tidak bertentangan dengan ajaran sang pendiri harus didukung penuh oleh kader lainnya.

Ia menyebutkan, sejatinya, lambang, logo dan nama Nahdlatul Wathan ini digunakan untuk kepentingan dakwah pendidikan, sosial, keagamaan dan pelayanan ummat. Bukan untuk tujuan komersial.

Oleh karena itu, ia kembali menegaskan, semua kader berkewajiban meneruskan dan mengembangkan perjuangan dengan wadah organisasi kemasyarakatan yang didirikan oleh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid untuk terus berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan Negara serta agama.

“Kami sebagai kader NW siap membela dan mengawal marwah organisisasi Nahdlatul Wathan apapun resikonya dengan seluruh kekuatan yang kami miliki. Dan kami yakin semua orang tahu bahwa NW itu milik ummat. Apalagi yang sudah mendapat bai’at dan berjanji untuk mengembangkan NW,” pungkasnya.

The post Perintah Maulana Syekh, Kibarkan Bendera NW Ke Seluruh Nusantara appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2021/02/perintah-maulana-syekh-kibarkan-bendera-nw-ke-seluruh-nusantara.html/feed 0