sambava post http://sambavapost.com aktual dan terpercaya Sat, 26 Sep 2020 22:17:09 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 http://sambavapost.com/wp-content/uploads/2020/05/cropped-28ACFF56-226B-4CE6-B94A-06EBEC19D623-32x32.jpeg sambava post http://sambavapost.com 32 32 SUKA ajukan gugatan ke Bawaslu, H. Abdul Hadi HM. Amin berikan Himbauan http://sambavapost.com/2020/09/suka-ajukan-gugatan-ke-bawaslu-h-abdul-hadi-hm-amin-berikan-himbauan.html http://sambavapost.com/2020/09/suka-ajukan-gugatan-ke-bawaslu-h-abdul-hadi-hm-amin-berikan-himbauan.html#respond Sat, 26 Sep 2020 22:17:06 +0000 http://sambavapost.com/?p=1513 Dompu,- Salah satu Bapaslon H. Syaifurrahman Salman – Ika Rizky Veryani (SUKA) pada pilkada di Kabupaten Dompu dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) oleh KPU, keputusan tersebut diambil oleh KPU setelah…

The post SUKA ajukan gugatan ke Bawaslu, H. Abdul Hadi HM. Amin berikan Himbauan appeared first on sambava post.

]]>
Dompu,- Salah satu Bapaslon H. Syaifurrahman Salman – Ika Rizky Veryani (SUKA) pada pilkada di Kabupaten Dompu dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) oleh KPU, keputusan tersebut diambil oleh KPU setelah melalui proses verifikasi dan diakhiri rapat pleno.

Namun kepada pasangan SUKA diberikan waktu 3 (tiga) hari untuk melakukan gugatan hukum kepada bawaslu terkait ketidaklolosan dalam proses verifikasi tersebut.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh pasangan SUKA dengan membawa dan mengajukan berkas gugatan hukum ke kantor bawaslu pada Jum’at (25/09/20) sekitar pukul 14.00 wita. Pasangan SUKA dan tim kuasa Hukum beserta Ketua partai pengusung juga turut hadir pada kesempatan tersebut.

Kaitan dengan gugatan tersebut sambil menunggu proses dan keputusan di tingkat bawaslu,pada sabtu 26 September 2020, sekitar pukul 11.00 wita bertempat di kediamannya salah satu tokoh masyarakat dan juga merupakan simpatisan SUKA H. Abdul Hadi H.M. Amin mengatakan “kemarin Surat gugatan secara resmi sudah diajukan ke kantor Bawaslu.

Lebih lanjut H. Abdul Hadi H.M.Amin menghimbau kepada seluruh simpatisan SUKA agar mengikuti dan menghormati segala mekanisme dan tahapan yang dijalankan pihak Bawaslu dalam menindaklanjuti gugatan yang telah diajukan.

“Dimasa pandemi covid19 ini mari kita hindari kerumunan,kita patuhi standar kesehatan dan protokol Covid19.
Hindari tindakan anarkis dan mari kita dukung aparat keamanan dalam menjaga kondusifitas daerah dompu tercinta,” harapnya.

Beberapa pesan dan himbauan dari H. Abdul Hadi H.M Amin tertuang juga dalam sebuah video pendek yang berdurasi 1menit 38 detik.

Dalam video tersebut berisikan himbauan dan ajakan kepada seluruh simpatisan SUKA untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta mematuhi protokoler covid19.

The post SUKA ajukan gugatan ke Bawaslu, H. Abdul Hadi HM. Amin berikan Himbauan appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/suka-ajukan-gugatan-ke-bawaslu-h-abdul-hadi-hm-amin-berikan-himbauan.html/feed 0
Tim Puma bekuk tiga pelaku perampasan Hp di Dompu http://sambavapost.com/2020/09/tim-puma-bekuk-tiga-pelaku-perampasan-hp-di-dompu.html http://sambavapost.com/2020/09/tim-puma-bekuk-tiga-pelaku-perampasan-hp-di-dompu.html#respond Sat, 26 Sep 2020 04:07:15 +0000 http://sambavapost.com/?p=1509 Dompu – Kurang dari 1X24 jam , tim Puma Sat Reskrim Polres Dompu berhasil mengamankan 3 (tiga) orang terduga pelaku pidana perampasan berupa handphone yang terjadi di jalan Lintas Saneo…

The post Tim Puma bekuk tiga pelaku perampasan Hp di Dompu appeared first on sambava post.

]]>
Dompu – Kurang dari 1X24 jam , tim Puma Sat Reskrim Polres Dompu berhasil mengamankan 3 (tiga) orang terduga pelaku pidana perampasan berupa handphone yang terjadi di jalan Lintas Saneo Lingkungan Ginte Kelurahan Kandai Dua Kecamatan woja Kabupaten Dompu, Jumat (25/9) sekitar pukul 21.30 wita.

Ketiga pelaku AS (21), AR (21) dan RL (31) warga Kelurahan Kandai Dua merampas tiga unit handphone milik korban Ardianas dan Safry dengan cara memaksa sambil menodongkan senjata tajam.

Kejadian tersebut terjadi pada saat kedua korban sedang jalan-jalan bersama temannya, masing-masing menggunakan sepeda motor. Setelah berada di jalan Lintas saneo tepatnya di sebuah bangunan gudang, keduanya nongkrong dan ngobrol ngobrol di lokasi tersebut, tiba-tiba ada dua unit sepeda motor yang datang, satu motor berboncengan dan satu motor dikendarai satu orang.

Tiga orang yang datang tersebut langsung memaksa korban untuk menyerahkan handphone sambil menodongkan senjata tajam berupa parang dan belati.

Karena merasa takut kemudian para korban dengan terpaksa menyerahkan handphone tersebut kepada para pelaku, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp20 juta, selanjutnya korban melaporkan ke Mapolres Dompu.

Menindaklanjuti informasi tersebut Kasat Reskrim Iptu Ivan Roland Cristofel STK menghubungi Tim Puma untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan. Menindaklanjuti perintah Kasat Reskrim Tim Puma yang dipimpin oleh Bripka Zainul Subhan bergerak menuju TKP dan melakukan penyelidikan terhadap para pelaku dan barang bukti.

Dari hasil penyelidikan, Tim Puma sudah mengidentifikasi beberapa nama kemudian dilakukan pencarian ke terminal ginte, sesampainya di terminal Tim Puma melihat dua orang yang sebelumnya sudah dikantongi identitasnya dan keduanya langsung diringkus Tim Puma dan diamankan di Mapolres Dompu.

Dari keterangan keduanya,aksi pidana perampasan itu dilakukan tiga orang dan keduanya menyebutkan salah satu temannya yaitu RL yang juga beralamat di kelurahan Kandai dua.

Tak menunggu waktu lama Tim Puma langsung bergerak menuju kandai dua untuk melakukan pencarian namun RL tak berada di rumah. Kemudian Tim berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan ketua karang taruna dan warga masyarakat.

Sekitar pukul 03.20 wita Bripka Zainul Subhan mendapat informasi via phone dari masyarakat bahwa RL sudah berada di rumahnya. kemudian Tim menjemput RL lalu dibawa ke Mapolres Dompu untuk proses lebih lanjut.

Selain mengamankan tiga terduga pelaku polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) unit Handphone merek iPhone 7 dan 1 (satu) unit Handphone merek Vivo juga diamankan senjata tajam yang dipakai terduga pelaku berupa sebilah parang dan sarungnya, sebilah belati dengan sarungnya serta satu buah sarung parang.

Saat ini ketiganya diamankan di Mapolres Dompu dengan dugaan pidana perampasan dan dijerat dengan pasal 368 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman 9 (sembilan) tahun penjara jo Pasal 2 UU Darurat No. 12 tahun 1951 dengan ancaman 10 tahun penjara.

( Rizal )

The post Tim Puma bekuk tiga pelaku perampasan Hp di Dompu appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/tim-puma-bekuk-tiga-pelaku-perampasan-hp-di-dompu.html/feed 0
Kades Selong Belanak Apresiasi keberadaan sirkuit MotoGP yang dikelola ITDC http://sambavapost.com/2020/09/kades-selong-belanak-apresiasi-keberadaan-sirkuit-motogp-yang-dikelola-itdc.html http://sambavapost.com/2020/09/kades-selong-belanak-apresiasi-keberadaan-sirkuit-motogp-yang-dikelola-itdc.html#respond Sat, 26 Sep 2020 01:20:18 +0000 http://sambavapost.com/?p=1502 LOTENG – Sorotan Publik terhadap Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di kuta Lombok Tengah semakin menggeliat. Pembangunan infrastruktur yang megah nan indah dengan keberadaan sirkuit MotoGP yang dikelola ITDC…

The post Kades Selong Belanak Apresiasi keberadaan sirkuit MotoGP yang dikelola ITDC appeared first on sambava post.

]]>
LOTENG – Sorotan Publik terhadap Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di kuta Lombok Tengah semakin menggeliat. Pembangunan infrastruktur yang megah nan indah dengan keberadaan sirkuit MotoGP yang dikelola ITDC mendapatkan apresiasi yang luarbiasa dari seluruh kalangan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Desa Selong Belanak lalu Yahya, saat dikonfirmasi awak media pada hari jum’at, (26/09/2020). Dengan adanya Pembangunan sirkuit MotoGP tersebut, banyak sekali pihak yang mendapat bantuan yang cukup besar untuk pembangunan rumah.

Yahya sapaan akrab dari Kades Selong Belanak tersebut menjelaskan jika sudah ada 22 unit rumah koridor yang sudah dibangunkan untuk pihaknya. Dan sekitar 40 lebih rumah koridor sudah dibangun dengan anggaran 35.000.000/per unit. Akan tetapi ada juga dalam bentuk pembangunan baru dengan nilai 115.000.000/ juta per unit “jelasnya

Lebih lanjut ia menjelaskan Kalau rehab nilai yang kami lihat di masyarakat berkisar 90.400.000, ada juga yang dapat bantuan berupa mesin pengolah sampah, sebagain juga mendapat bantuan dari angkasa pura berupa pembangunan Rumah dan SDM

“Tentu kami sangat menantikan pembangunan kawasn KEK Mandalika dengan sirkuit MotoGP nya bisa segera rampung, agar 2021 bisa dijadikan tuan rumah MotoGP. Dengan adanya kegiatan itu tentu akan mendorong kualitas perekonomian masyarakat kami di Selong Belanak semakin meningkat, ” Harapnya

Yahya menjelaskan jika banyak sekali jenis usaha yang dimiliki warganya, ada usaha wisata hotel, kuliner, jasa, dan banyak juga yang lainnya. Bagi pemuda-pemuda yang ada di sana (Red-Kawasan KEK) juga sekarang sedang menjalankan Pokdarwis nya. Struktur kepengurusan sudah lengkap dan rapih, semua program-program sudah jelas. Sehingga benar-benar semua sektor merasa sangat diuntungkan dengan pembangunan yang sedang dikerjakan saat ini di kawasan KEK Mandalika. “Tutupnya

The post Kades Selong Belanak Apresiasi keberadaan sirkuit MotoGP yang dikelola ITDC appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/kades-selong-belanak-apresiasi-keberadaan-sirkuit-motogp-yang-dikelola-itdc.html/feed 0
Hari Kedua di Dompu, Kapolda dan Danrem lakukan ini http://sambavapost.com/2020/09/hari-kedua-di-dompu-kapolda-dan-danrem-lakukan-ini.html http://sambavapost.com/2020/09/hari-kedua-di-dompu-kapolda-dan-danrem-lakukan-ini.html#respond Fri, 25 Sep 2020 15:48:28 +0000 http://sambavapost.com/?p=1496 Dompu – Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, S.IK, MH dan Danrem 162 Wira Bakti (WB) Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani menemui sekaligus bersilaturahmi dengan pendukung dan simpatisan Pascabup H.…

The post Hari Kedua di Dompu, Kapolda dan Danrem lakukan ini appeared first on sambava post.

]]>
Dompu – Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, S.IK, MH dan Danrem 162 Wira Bakti (WB) Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani menemui sekaligus bersilaturahmi dengan pendukung dan simpatisan Pascabup H. Syaifurrahman Salman SE – Ika Rizky Veriyani (SUKA) di Cafe Uma Tua, Kelurahan Potu. Jumat (25/9/2020) pagi.

Usai menemui tim sukses dan para partai politik pengusung SUKA, sekira pukul 10.20 Wita, Kapolda dan Danrem bergegas menuju dan sekaligus bersilaturahmi dengan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu yang dihadiri juga oleh Ketua KPU Drs. Arifuddin.

Kapolda NTB saat bertatap muka dengan sejumlah Parpol dan simpatisan SUKA di Caffe Uma Tua menyampaikan bahwa Paslon SUKA dinyatakan tidak memenuhi syarat saat penetapan Pascabup oleh KPU Kabupaten Dompu.

Tetapi, Kapolda menyampaikan arahan, bahwa hal itu adalah hak konsitisional untuk melakukan gugatan atas hasil tersebut ke pihak Bawaslu Kabupaten Dompu.

“Permasalah ini menjadi sorotan, dikarenakan pada saat simpatisan tim SUKA melakukan aksi dengan menggerakan masa yang banyak yang dimana membahayakan keselamatan masyarakat yang berpotensi terjadi penularan Covid-19 dan berdampak buruk bagi warga lain,” ungkap Kapolda.

Untuk itu, Kapolda berharap kepada para ketua Parpol, tim sukses dan Simpatisan SUKA untuk membantu kami TNI dan POLRI untuk tidak menggerakan massa dengan jumlah yang banyak.

“Kami sangat berharap kepada bapak bapak menjadi perpanjangan tangan kami untuk menyampaikan hal tersebut kepada para simpatisan,” harapnya.

Masalah yang dihadapi Kabupaten Dompu kata Kapolda, patut diperhatikan karena akan adanya permasalahan baru seperti terjadinya penyebaran Covid-19 karena adanya gesekan antar pendukung. “Saya dan Dandrem berharap kedepannya tidak ada lagi menggerakan massa dengan jumlah yang banyak,” pinta perwira tinggi Polri berbintang dua ini.

Di tempat yang sama, Danrem 162/WB juga meminta dan berharap kepada pendukung SUKA untuk mengutamakan keselamatan masyarakat, jangan sampai ada lagi claster-claster baru Covid-19 di wilayah Kabupaten Dompu.

“Saya dan Kapolda berharap dan meminta kepada masing-masing Partai Politik, tim sukses dan simpatisan untuk bersama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung,” pinta Danrem 162/WB.

Ia percaya, bahwa yang hadir di situ adalah sebagai tokoh-tokoh untuk membantu pihak TNI dan POLRI untuk mencipatakan Pilkada yang aman dan damai dan pihaknya akan memberikan penghargaan sebesar-besarnya.

“Di sini saya dan Kapolda tidak ada memihak kepada siapapun, intinya kami demi kepentingan orang banyak atau masyarakat,” cetusnya.

“Kami tidak melarang rekan-rekan untuk melakukan gugatan bahkan sampai mahkamah, tetapi jangan sampai menggerakan masa yang banyak itu berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19 yang dapat membahayakan masyarakat Dompu sendiri,” lanjut Danrem.

Salah satu aktivis Selamat Abadi Sentosa alias Bedel menanggapi, pihaknya menghargai permohonan dari pihak TNI dan POLRI untuk tidak menggerakan massa pada setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Dompu dan pihaknya akan mengusahakannya.

Menurut Bedel, setelah dilakukannya komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan selama Pilkada berlangsung, Paslon lain banyak yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

“Kenapa tidak ditegur dan ditindak lanjuti Paslon Paslon lain, dan aksi kami merupakan akumulasi kekecewaan atas adanya diskriminatif terhadap Paslon SUKA oleh pihak KPU Kabupaten Dompu,” ujar Bedel.

Sementara, pengurus parpol Berkarya Ilham Yahyu menuturkan, adapun aksi-aksi yang dilakukan selama ini merupakan bentuk perlawanan massa pendukung SUKA dan hanya itu yang bisa mereka lakukan.

“Kami melihat fakta yang terjadi di KPU, jelas diskriminasi dan kejahatan terhadap tim SUKA, perlu diketahui, ket
“Kami melihat fakta yang terjadi di KPU, jelas diskriminasi dan kejahatan terhadap tim SUKA, perlu diketahui, ketiga paslon ini semua ada masalah dan kekurangan, disini kami melihat kenapa hanya tim SUKA yang dipermasalahkan dan menurut kami permasalahan dari SUKA terjadinya salah penafsiran,” tegas Ilham Yahyu.

Untuk itu, lanjut Ilham, akan melawan teman-teman DPRD sekalian, apabila hak-hak politik mereka dibatasi, ia menginginkan demokrasi yang normal. Menurutnya, dalam tahapan itu sudah dinodai oleh pihak penyelenggara (KPU) yang akan membuat adanya kerawan Kamtibmas.

“Ada salah satu Paslon yang lain yang kami permasalahkan di mana adanya perbedaan nama antara di ijazah SD, SMP dan SMA, tetapi ini seolah-olah tidak dipermasalahkan oleh pihak KPU dan diloloskan,” beber Ilham.

Masih di tempat yang sama, Irfan Samudra mengatakan, berbicara Covid-19, menurut dia, adanya diskriminasi, yang dimana Bupati Dompu melegalisasi masalah Covid-19 di Kabupaten Dompu yang dimana Pemda Dompu tidak melakukan tindakan tegas.

Selain itu, kata dia, tidak adanya tindakan nyata untuk memutus rantai penyebarannya serta menindak tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan.

“Yang perlu saya tanyakan, hari ini hukum apa yang harus kami pakai hari ini untuk menggugat masalah ini, yang dimana kasus k2 sampai saat ini belum terselesaikan bagaimana dengan permasalahan ini kami sudah tidak percaya dengan pihak penyelenggara Pilkada,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya meminta Kapolda dan Danrem melalui tim gugus Covid-19 Provinsi untuk menetapkan Kabupaten Dompu adalah zona merah yang darurat Covid-19.

“Apabila Kapolda dan Dandrem melarang kami untuk tidak menggerakan massa, tolong berikan kami kepastian hukum atau jalur hukum untuk menggugat masalah ini,” pintanya.

Penuturan yang sama disampaikan Zulkifli Pilkada di Kabupaten Dompu diduga sudah dicedrai oleh elit-elit politik yang sudah melakukan konspirasi dengan pihak penyelengara pilkada dalam hal ini pihak KPU.

Dikatakannya, pergerakan masa kemarin merupakan gerakan spontan dari rasa kekecewaan masyarakat simpatisan SUKA kepada pihak penyelenggara Pilkada.

“Kami berharap dan meminta kepada Kapolda dan Danrem untuk membantu kami dalam perjuangan melakukan gugatan di Bawaslu Kab. Dompu dan mengawasi pihak penyelenggara Pilkada di Kab. Dompu agar tidak melakukan kecurangan,” harapnya.

Terpisah, pada saat bersilaturahmi di kantor Bawaslu Kapolda dan Danrem 162/WB saat menyampaikan di Bawaslu “ada banyak kerawanan Kamtibmas yang terjadi setelah penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati sehingga salah satu Bapascabup tidak diloloskan, dan berlanjut pada blokade jalan di beberapa titik atas ketidakpuasan pendukung SUKA.

Selain itu, Kapolda dan Danrem sekaligus menanyakan kejelasan dan perkembangan pengajuan gugatan sengketa Pascabup SUKA yang tidak memenuhi syarat kepada Bawaslu.

“Jikalau ada temuan pelanggaran dari Bapaslon SUKA maka untuk pihak KPU dan Bawaslu dapat mengambil langkah atau keputusan sesuai aturan koridor yang ada dan tidak menyalahi aturan,” tutur Kapolda.

Kapolda NTB berharap dan mendorong pihak Bawaslu dan KPU Dompu agar bekerja secara Profesional kepada para kontestan Pilkada maupun pihak penyelenggara pilkada untuk tetap mematuhi protokol Covid-19 yang sudah ditetapkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami juga berpesan kepada semua unsur dan masyarakat Dompu agar sama sama menjaga Kamtibmas,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs. Arifuddin mengatakan, yang menjadi keputusan kami dari KPU terkait tidak diloloskanya pasangan SUKA itu sudah menjadi seleksi melalui aturan PKPU yang sudah diatur.

“Kami tidak mengada-ngada menetapkan TMS pasangan SUKA. Kami telah melalui beberapa prosedur PKPU dan kami sudah bekerja secara profesional,” jelas.

Pada kesempatan itu, Danrem 162/WB menegaskan kepada Bawaslu agar tidak terpengaruh oleh siapa pun dan jangan pernah takut dengan tekanan dari pihak tertentu.

“Kami berharap, Bawaslu tetap tegas dan tidak ada terpengaruh oleh siapapun, dan kita yakin dan percaya kepada pihak Bawaslu pasti akan bekerja Profesional,” tegasnya.

( Rizal )

The post Hari Kedua di Dompu, Kapolda dan Danrem lakukan ini appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/hari-kedua-di-dompu-kapolda-dan-danrem-lakukan-ini.html/feed 0
Ditinggal sang isteri, Seorang pria nekat bunuh diri http://sambavapost.com/2020/09/ditinggal-sang-isteri-seorang-pria-nekat-bunuh-diri.html http://sambavapost.com/2020/09/ditinggal-sang-isteri-seorang-pria-nekat-bunuh-diri.html#respond Fri, 25 Sep 2020 15:38:37 +0000 http://sambavapost.com/?p=1493 Dompu – Sebuah insiden yang cukup mencengangkan warga Desa mbuju, Kecamatan Kilo pada hari jum’at (25/09/2020) sekitar pukul 15.00 Wita bertempat di Dusun Pantai Biru Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten…

The post Ditinggal sang isteri, Seorang pria nekat bunuh diri appeared first on sambava post.

]]>
Dompu – Sebuah insiden yang cukup mencengangkan warga Desa mbuju, Kecamatan Kilo pada hari jum’at (25/09/2020) sekitar pukul 15.00 Wita bertempat di Dusun Pantai Biru Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu. Warga setempat digegerkan dengan ditemukan sesosok tubuh dalam keadaan tergantung dengan menggunakan tali nylon di reng atap pondok/gubuk di tengah kebun (milik korban).

Setelah diidentifikasi warga setempat, Korban tersebut yakni bernama Sahyun, umur 36 thn, Pekerja’an Petani, Beralamat Dusun Mbuju, Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, menurut warga masyarakat korban diduga bunuh diri.

Kejadian tersebut diketahui ketika dua orang warga Saiful Bahri (34 tahun) Muslimin (22 tahun) yang hendak memanjat kelapa di sebuah kebun yang berada berdekatan dengan kebun milik korban, saat keduanya melintas di depan pondok/gubuk (TKP) tersebut, keduanya sangat terkejut saat melihat korban dalam keadaan tergantung di kayu reng atap pondok/gubuk dengan menggunakan seutas tali nylon.

Melihat kejadian tersebut sontak keduanya kembali dan berlari menuju perkampungan dan memberitahukan kepada warga masyarakat. Mengetahui adanya kejadian tersebut kepala Dusun pesisir Iskandar beserta warga masyarakat mendatangi TKP dan langsung memeriksa korban yang sudah dalam keadaan tak bernyawa dan segera membuka tali yang melilit dileher korban kemudian korban dibawa ke rumah duka.

Oleh warga masyarakat, Hal tersebut diinformasikan ke pihak kepolisian Sektor Kilo. Merespon laporan warga Kapolsek Kilo Iptu Yuliansyah beserta anggotanya sampai di rumah duka pada sekitar pukul 15.20 wita, Kemudian melakukan koordinasi dengan pihak keluarga korban terkait kejadian yang menimpa Sahyun. Dari pihak keluarga korban mengakui bahwa korban memang mengalami gangguan jiwa (stress) lantaran ditinggal oleh isterinya. Pihak keluargapun menerima dengan ikhlas kejadian tersebut dan meyakini bahwa murni bunuh diri. Dan akan dikuburkan besok Sabtu 25 September 2020.

“Mewakili pihak keluarga yang merupakan Orang tua kandung korban Suparman Hamzah (62 tahun) mengatakan “Saya selaku mengikhlaskan kejadian tersebut dan mengakui bahwa anak saya (korban) mengalami gangguan jiwa terkait prahara rumah tangga yang dialaminya,sejak ditinggal isterinya anak saya mengalami gangguan jiwa. Bebernya.

Ditempat yang sama Kapolsek Kilo menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada hal hal lain yang terjadi terkait kejadian tersebut yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. ” Kita semua tahu bahwa saudara kita (korban) mengalami gangguan jiwa, jadi ini murni bunuh diri. Tutup Kapolsek

( Rizal )

The post Ditinggal sang isteri, Seorang pria nekat bunuh diri appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/ditinggal-sang-isteri-seorang-pria-nekat-bunuh-diri.html/feed 0
Harus Beroprasi, Kades Ketare Sanjung Keberadaan KEK Mandalika dan ITDC http://sambavapost.com/2020/09/harus-beroprasi-kades-ketare-sanjung-keberadaan-kek-mandalika-dan-itdc.html http://sambavapost.com/2020/09/harus-beroprasi-kades-ketare-sanjung-keberadaan-kek-mandalika-dan-itdc.html#respond Fri, 25 Sep 2020 15:25:27 +0000 http://sambavapost.com/?p=1489 Loteng – Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di kuta Lombok Tengah Menjadi sorotan dunia akhir-akhir ini. Pasalnya kawasan ini sedang gencar-gencarnya dibangun infrastruktur yang megah dan menarik mata dunia…

The post Harus Beroprasi, Kades Ketare Sanjung Keberadaan KEK Mandalika dan ITDC appeared first on sambava post.

]]>
Loteng – Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di kuta Lombok Tengah Menjadi sorotan dunia akhir-akhir ini. Pasalnya kawasan ini sedang gencar-gencarnya dibangun infrastruktur yang megah dan menarik mata dunia untuk melirik, tentunya ditambah lagi dengan pembangunan sirkuit MotoGP yang diprediksi akan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan MotoGP tahun 2021 mendatang.

Kebanggaan tersendiri pun dirasakan oleh banyak pihak, termasuk dari Kepala Desa Ketare Lalu Buntaran. Ia mengaku sangat mengapresiasi program pemerintah terhadap pengadaan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika.

Kepala Desa Ketare menganggap masalah yang sempat timbul beberapa waktu lalu dengan adanya ITDC justru angkan memudahkan penyelesaian sengketa yang ada itu. Apalagi melihat pendekatan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian maupun TNI yang luarbiasa antusias membuat masyarakat setempat sangat mengapresiasi langkah tersebut

“100% masyarakat sangat mendambakan Lombok memiliki sirkuit MotoGP dan terus berharap agar proses pembangunannya cepat selesai. Terlebih lagi ini merupakan aset Lombok Tengah yang insyaAllah akan membuat kesejahteraan masyarakat akan meningkat sangat drastis, ” Ucap Lalu Buntaran senang saat dikonfirmasi, Jum’at, (25/09/2020)

Pembangunan yang terus digeliatkan menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membangun Daerah NTB terlebih Lombok Tengah. Dari pembangunan infrastruktur jalan semua sudah kelihatan mewah. Tentu ini sangat menarik dan akan menjadi ikon pembangunan di Lombok Tengah dan NTB pada umumnya.

“Jadi apapun kendalanya pembangunan itu harus tetap jalan, apabila ada permasalahan atau sengketa yang terjadi saya rasa itu bisa diselesaikan dengan jalan kekeluargaan intinya pembangunan ini harus sukses. Kita sebagai masyarakat harus siap jadi garda terdepan untuk mensukseskan pembangunan ini” Tuturnya penuh Harap

Pihaknya juga mengakui dengan adanya pembangunan ini tidak pernah merasa dirugikan. Kalaupun ada masyarakat yang merasa kebertan itu akan tetap dituntaskan sama pemerintah. Namun Lalu Buntaran lagi-lagi menegaskan jika pihaknya tidak pernah merasa dirugikan sedikitpun dengan keberadaan pembangunan tersebut

“Kami sangat mengharapkan ini dan kita tahu dari jumlah penonton MotoGP sekali event saja kita bisa membayangkan berapa keuntungan yang akan diperoleh oleh negara, ” Tandasnya

Buntaran menuturkan lebih lanjut jika negara manapun pasti akan maju kalau ada sirkuit MotoGP. “negara itu pasti maju jadi kami berharap sesegera mungkin lah proses pembangunan sirkuit MotoGP, ” Jelasnya

Buntaran juga menjelaskan jika seluruh masyarakat 100% mendukung. jangankan kami masyarakat Lombok Tengah. Kami yakin seluruh masyarakat Indonesia mendambakan bahwa proses perjalanan ini tidak ada kendala, “tutupnya

( Rival Julian )

The post Harus Beroprasi, Kades Ketare Sanjung Keberadaan KEK Mandalika dan ITDC appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/harus-beroprasi-kades-ketare-sanjung-keberadaan-kek-mandalika-dan-itdc.html/feed 0
Kelompok Wanita Tani Didorong Tetap Produktif di Masa Pandemi http://sambavapost.com/2020/09/kelompok-wanita-tani-didorong-tetap-produktif-di-masa-pandemi.html http://sambavapost.com/2020/09/kelompok-wanita-tani-didorong-tetap-produktif-di-masa-pandemi.html#respond Thu, 24 Sep 2020 16:20:52 +0000 http://sambavapost.com/?p=1486 Mataram – Menyambut perayaan Hari Tani Nasional, Kementerian Pertanian mengadakan kegiatan panen serentak Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Dalam kesempatan kali ini, Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan Kelurahan Pagutan Kota Mataram…

The post Kelompok Wanita Tani Didorong Tetap Produktif di Masa Pandemi appeared first on sambava post.

]]>
Mataram – Menyambut perayaan Hari Tani Nasional, Kementerian Pertanian mengadakan kegiatan panen serentak Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Dalam kesempatan kali ini, Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan Kelurahan Pagutan Kota Mataram yang diajukan sebagai lokasi pelaksanaan panen serentak nasional wilayah NTB pada Hari Kamis, 24 September 2020.

Kegiatan panen serentak P2L merupakan strategi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian untuk optimalisasi lahan dan pekarangan dengan tanaman pangan untuk kebutuhan rumah tangga.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan serta kekompakan KWT Flamboyan karena kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi lebih berguna karna dilakukan pada masa pandemi covid-19.

“Tentu saja ada kesulitan-kesulitan yang harus kita hadapi akibat dari pandemi ini, namun hari ini kita berada di sini untuk sama-sama melaksanakan panen serentak. Artinya apa yang dilakukan oleh ibu-ibu di KWT Flamboyan Ini adalah sebuah contoh inspirasi kesuksesan keteguhan dan ketangguhan ibu-ibu untuk tetap melakukan kegiatan dengan bergotong-royong,” ungkapnya.

Kemudian, Bunda Niken berharap agar kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi KWT lainnya untuk kembali mengaktifkan kegiatan berkebun, kembali menghasilkan karya nyata di masa pandemi Covid-19 ini berharap kendala – kendala dapat diselesaikan.

“Saya harap ini menjadi inspirasi untuk kelompok wanita tani di manapun yang ada di Nusa Tenggara Barat untuk kembali mengaktifkan kegiatan ini. Karena memang kita saat ini sebenarnya punya lebih banyak waktu untuk di rumah dan lingkungan dan tentunya lebih aman bersama dengan orang-orang yang sudah kita ketahui dan kita bisa bersama-sama mengisi kesibukan waktu kita dengan hal-hal yang positif dengan berkebun”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB Drs. H. Fathul Gani, M.Si menyampaikan laporan singkat bahwa KWT Flamboyan sudah selesai diberikan penilaian untuk mengikuti lomba nasional. Ada dua yang diajukan dari NTB, yang pertama adalah KWT yang merupakan bantuan pemerintah melalui P2L diwakili oleh KWT Flamboyan Kelurahan Pagutan Mataram. Kemudian yang kedua merupakan Kelompok Swadaya yang tidak diintreversi pemerintah dan diwakili oleh kelompok Hijau Berseri di Kabupaten Lombok Tengah.

“Banyak kendala di lapangan, apalagi kita masuk musim kemarau di mana air berkurang, kemudian hal-hal lain termasuk virus ini. Memang menjadi kendala kami di lapangan tetapi dengan program yang dicanangkan kembali untuk digugah oleh pemerintah pusat dan dengan program P2L didukung oleh pemerintah InsyaAllah bisa melakukan pembinaan bersama Dinas Pertanian baik itu di Provinsi atau Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se-NTB.”ujarnya. ( Rival )

The post Kelompok Wanita Tani Didorong Tetap Produktif di Masa Pandemi appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/kelompok-wanita-tani-didorong-tetap-produktif-di-masa-pandemi.html/feed 0
Tak Terima Putusan KPU Dompu, Masa Dari Paslon SUKA Blokir Jalan http://sambavapost.com/2020/09/tak-terima-putusan-kpu-dompu-masa-dari-paslon-suka-blokir-jalan.html http://sambavapost.com/2020/09/tak-terima-putusan-kpu-dompu-masa-dari-paslon-suka-blokir-jalan.html#respond Thu, 24 Sep 2020 14:28:02 +0000 http://sambavapost.com/?p=1483 Dompu – Aksi Pemblokiran jalan tersebut lantaran massa pendukung dari paslon SUKA tidak menerima Dengan keputusan Pihak KPU yang di Anggap telah menZolimi salah satu Paslon dan telah mencederai jalannya…

The post Tak Terima Putusan KPU Dompu, Masa Dari Paslon SUKA Blokir Jalan appeared first on sambava post.

]]>
Dompu – Aksi Pemblokiran jalan tersebut lantaran massa pendukung dari paslon SUKA tidak menerima Dengan keputusan Pihak KPU yang di Anggap telah menZolimi salah satu Paslon dan telah mencederai jalannya sistem Demokrasi di Indonesia.

Menurutnya, bahwa keputusan pihak KPU yang menggugurkan pasangan Calon Bupati/wakil Bupati yang akan tampil dalam Pilkada Kabupaten DompuTahun 2020, Dari pasangan calon H.Syaifurahman SE – Ika Risky Veryani tersebut dinilai tidaklah tepat”Ucap salah satu Masa aksi
Sebelumnya Massa simpatisan pendukung SUKA sempat bersi tegang dengan aparat Gabungan dari TNI-POLRI di depan Taman Kota dompu tepatnya depan Kantor DPRD Dompu sekitar Pukul 15:40 wita,

Namun amarah massa Dapat direda setelah dilakukan Negoisasi oleh Aparat kepolisian dan TNI sehingga massa simpatisan membubarkan diri, tapi amarah dan bentuk kekecawaan massa simpatisan pendukung suka tidak berakhir disitu sekitar pukul 16:50 wita massa kembali malakukan Aksi pemblokiran jalan lintas Dompu-Sumbawa tepatnya di kelurahan kandai 2 (dua) dan melakukan Pembakaran Ban bekas ditengah jalan.

Berdasarkan pantauan media ini diLapangan bahwa Konsentrasi massa dapat dipecahakan sekitar pukul 22:10 wita setalah Ratusan personil gabungan yang terdiri dari pasukan TNI ,POLRI turun kembali ke Titik aksi pemblokiran jalan untuk melakukan pembubaran Paksa.

Dalam aksi pemblokiran jalan maupun aksi pembubaran paksa tersebut tidak ada korban jiwa, baik dari massa pendukung paslon Suka ,masyarakat umum hingga aparat kemananan, sampai berita ini Terbitkan

( Rizal )

The post Tak Terima Putusan KPU Dompu, Masa Dari Paslon SUKA Blokir Jalan appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/tak-terima-putusan-kpu-dompu-masa-dari-paslon-suka-blokir-jalan.html/feed 0
Polres Dompu jamin keamanan tahapan pengundian nomor urut Calon bupati dan wakil bupati http://sambavapost.com/2020/09/polres-dompu-jamin-keamanan-tahapan-pengundian-nomor-urut-calon-bupati-dan-wakil-bupati.html http://sambavapost.com/2020/09/polres-dompu-jamin-keamanan-tahapan-pengundian-nomor-urut-calon-bupati-dan-wakil-bupati.html#respond Thu, 24 Sep 2020 14:19:12 +0000 http://sambavapost.com/?p=1480 Dompu – Tahapan pilkada 2020 sudah memasuki pengundian nomor urut dan hari ini kamis (24/09/20) sekitar pukul 10.00 wita bertempat di kantor KPU dompu telah dilaksanakan rapat pleno terbuka tentang…

The post Polres Dompu jamin keamanan tahapan pengundian nomor urut Calon bupati dan wakil bupati appeared first on sambava post.

]]>
Dompu – Tahapan pilkada 2020 sudah memasuki pengundian nomor urut dan hari ini kamis (24/09/20) sekitar pukul 10.00 wita bertempat di kantor KPU dompu telah dilaksanakan rapat pleno terbuka tentang pengundian nomor urut dan dua calon yang dinyatakan lolos oleh KPU yaitu pasangan Kader Jaelani (AKJ-SYAH) dan Hj. Eri Ariani- H. Ichtiar Yusuf SH (ERI -HI).

Pleno yang menghadirkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut dipimpin ketua KPU Drs Arifuddin beserta komisioner KPU. Dari hasil pleno KPU, Pasangan ERI-HI mendapat nomor urut satu sedangkan pasangan AKJ-SYAH nomor urut dua. Pelaksanaan undian tidak berjalan lama karena selama berjalannya kegiatan tersebut tidak terkendala apapun.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK pada pagi hari sudah menekankan kepada seluruh personel yang mengikuti apel pagi di lapangan apel Polres Dompu yakni pasukan gabungan dari TNI Kodim 1614 Dompu maupun BKO brimob agar kegiatan pengamanan dan penjagaan diperketat dan tetap dengan standar kesehatan covid19.

Usai pelaksanaan pengundian nomor urut kedua pasangan calon meninggalkan kantor KPU dan situasi kondusif.

( Rizal )

The post Polres Dompu jamin keamanan tahapan pengundian nomor urut Calon bupati dan wakil bupati appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/polres-dompu-jamin-keamanan-tahapan-pengundian-nomor-urut-calon-bupati-dan-wakil-bupati.html/feed 0
Danlanal Mataram Paparkan Hasil Kajian Pasis Dikreg Sesko TNI XLVII Tahun 2020 http://sambavapost.com/2020/09/danlanal-mataram-paparkan-hasil-kajian-pasis-dikreg-sesko-tni-xlvii-tahun-2020.html http://sambavapost.com/2020/09/danlanal-mataram-paparkan-hasil-kajian-pasis-dikreg-sesko-tni-xlvii-tahun-2020.html#respond Thu, 24 Sep 2020 09:44:52 +0000 http://sambavapost.com/?p=1477 Mataram – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H. hadiri kegiatan paparan hasil kajian wilayah oleh Pasis Sesko TNI kepada Gubernur NTB, Ketua DPRD Prov. NTB,…

The post Danlanal Mataram Paparkan Hasil Kajian Pasis Dikreg Sesko TNI XLVII Tahun 2020 appeared first on sambava post.

]]>
Mataram – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H. hadiri kegiatan paparan hasil kajian wilayah oleh Pasis Sesko TNI kepada Gubernur NTB, Ketua DPRD Prov. NTB, Walikota Mataram Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Danlanal Mataram, dan Dan Lanud ZAM di ruang rapat outdoor kantor gubernur NTB jalan pejanggik no 12 Kota Mataram, Prov. NTB. Kamis (24/09/2020)

Paparan hasil kajian pasis Sesko TNI dalam KKDN (kuliah kerja dalam negeri) disampaikan oleh para pasis secara virtual mengingat saat ini di NTB dan Indonesia umumnya sedang dilanda pandemi Covid-19 dengan memperoleh data-data dari berbagai narasumber termasuk dari Komandan Pangkalan TNI AL Mataram Kolonel Laut (S) Suratun, S.E. yang telah dilaksanakan kemarin siang.

Sebagai narasumber Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H sempat myampaikan beberapa hal kepada Pasis Dikreg Sesko TNI tenang tugas, fungsi dan peran Lanal Mataram dalam menjaga keamanan perairan serta potensi kerawanan yang ada di wilayah kerja Lanal Mataram serta penerapan Traffic Separation Scheme (TSS) di selat lombok untuk pelayaran Internasional yang mulai berlaku sejak 1 Juli 2020 termasuk dengan penanganan Covid-19 di Lingkungan Pangkalan TNI AL Mataram

KKDN ini mengambil tema “Pembangunan Potensi Sumber Daya Nasional” dengan segala karakteristik geografis didaerah untuk menjadi ruang, alat dan kondisi pertahanan Negara yang tangguh dan handal. Serta memperkuat sistem pertahanan Negara yang mampu menghadapi ancaman dan tantangan guna menunjang keamanan kawasan perbatasan negara, wilayah maritim, wilayah daratan dan wilayah dirgantara, termasuk mitigasi bencana alam dan non alam.

Sebelum kegiatan berakhir Komandan Sesko TNI menyampaikan “Bapak Gubernur, ketua DPR dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini saya atas nama lembaga sesko TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kesetiaannya meluangkan waktu untuk mengikuti acara paparan dan penyerahan eksekutif sameri dari hasil pembekalan KKDN pasis dikreg ke-47 sesko TNI yang telah dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai dengan 24 September 2020 dan saya berharap kerjasama yang telah terjalin dalam pemberdayaan dan penataan wilayah pertahanan dapat terus terjalin guna mendukung pelaksanaan tugas pertahanan di wilayah yang bapak dan ibu pimpin.”

Kegiatan ditutup dengan penyerahan eksekutif summary Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Dikreg XLVII Sesko TNI Tahun 2020 dari Tim Sesko TNI (Kolonel Kav Wahyu)  kepada Forkopimda NTB.

The post Danlanal Mataram Paparkan Hasil Kajian Pasis Dikreg Sesko TNI XLVII Tahun 2020 appeared first on sambava post.

]]>
http://sambavapost.com/2020/09/danlanal-mataram-paparkan-hasil-kajian-pasis-dikreg-sesko-tni-xlvii-tahun-2020.html/feed 0